DESAIN KOMERSIALISASI KEMASAN SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF PADA UMKM KELURAHAN TANJUNG DUREN UTARA

Authors

  • Khilyatin Ikhsani Universitas Dian Nusantara
  • Nur Endah Retno Wuryandari Universitas Dian Nusantara
  • Christina Catur Widayati Universitas Dian Nusantara

Keywords:

Kelurahan Tanjung Duren Utara, Desain Komersialisasi, UMKM

Abstract

Sebagian besar kemasan produk UMKMdi Kelurahan Tanjung Duren Utara RW05 Jakarta Barat tidak memiliki desain yang menarik, inovatif dan kreatif. Produk makanan yang hanya dibungkus dengan plastik trasparan tanpa label atau informasi apapun, memberikan kesan kurang menarik. Hal ini membuat produk kurang memiliki daya saing dengan produk lokal lainnya. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah metode presentasi dan metode demonstrasi mengenai pengenalan desain komersialisasi kemasan, dilanjutkan dengan diskusi untuk menganalisis beberapa kemasan produk pembanding. Peserta terlihat sangat antusias dan berdiskusi aktif untuk pengembangan kemasan produknya agar lebih bernilai jual. Setelah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat selanjutnya desain kemasan baru sudah menawarkan daya tahan yang lebih lama, dilengkapi dengan keterangan label. Logo dipilih berupa gambar, teks berwarna dan terdapat keterangan varian rasa  Setelah menggunakan kemasan baru, produk-produk UMKM Kelurahan Tanjung Duren Utara RW 05 Jakarta Barat, konsumen yang memesan secara berkala sudah mulai bertambah dari luar daerah.

Published

2021-05-20

How to Cite

Ikhsani, K., Wuryandari, N. E. R. ., & Widayati, C. C. . (2021). DESAIN KOMERSIALISASI KEMASAN SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF PADA UMKM KELURAHAN TANJUNG DUREN UTARA. Andhara, 1(1), 1–10. Retrieved from http://jurnal.undira.ac.id/andhara/article/view/36