SOSIALISASI STRATEGI USAHA KECIL MENENGAH UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PASCA PANDEMI COVID-19DI WILAYAH KELURAHAN TANJUNG DUREN JAKARTA BARAT

Penulis

  • Islamiah Kamil a:1:{s:5:"id_ID";s:26:"Universitas Dian Nusantara";}
  • Dewi Anggraini Universitas Dian Nusantara

Kata Kunci:

Strategi UMKM, Kelurahan Tanjung Duren Barat, Produktivitas

Abstrak

Pandemi Covid-19 mulai melanda Indonesia pada bulan Februari 2020. Covid-19 tidak sekedar bencana kesehatan, juga menimbulkan kekacauan di sektor ekonomi, tidak hanya industri besar saja yang terpapar, juga termasuk para pelaku UMKM di Indonesia. Kebijakan pemerintah seperti social distancing, pembatasan sosial berskala besar (PSBB), bekerja dari rumah (Work From Home), pembatasan sarana transportasi, pemutusan hubungan kerja berdampak kepada tersendatnya distribusi bahan baku dan produk UMKM. Tidak hanya UMKM yang bergerak di sektor produksi rumahan, UMKM  yang bergerak di bidang jasa pun  mengalami penurunan omset yang signifikan, misalnya tukang cukur yang terpaksa harus kehilangan penghasilan akibat kebijakan social distancing,  make-up artis, pekerja wedding organizer, fotografer pernikahan, dan lainnya  kesulitan mendapatkan penghasilan  karena sejumlah proyek terpaksa ditunda akibat pandemi Covid-19 ini. Berdasarkan kondisi di atas, perlu ada upaya yang dilakukan untuk membantu para pelaku UMKM untuk bangkit dan meningkatkan kembali kegiatan usahanya agar produktivitas dan omzet secara perlahan-lahan akan meningkat lagi. Dalam kegiatan pengabdian kali ini target yang ingin dicapai adalah (1) Para peserta memahami Strategi Usaha Kecil Menengah Untuk Meningkatkan Produktivitas Pasca Pandemi Covid19 (2) Para peserta pelaku UMKM diharapkan mencermati peluang dan tantangan UMKM saat ini dan kedepan dan (3) Para peserta pelaku UMKM harus cermat memilih media online yang cocok untuk mempromosikan produk, cermati dahulu segmentasinya, misalnya usia dan jenis kelamin, misalnya untuk mempromosikan produk fesyen, lebih cocokmenggunakan instagram. Membuka peluang re-seller/dropshipper merupakan alternatif lain untuk memasarkan produk UMKM.

 

Kata Kunci : Strategi UMKM, Kelurahan Tanjung Duren Barat, Produktivitas

Diterbitkan

2021-11-30

Cara Mengutip

Kamil, I., & Anggraini, D. (2021). SOSIALISASI STRATEGI USAHA KECIL MENENGAH UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PASCA PANDEMI COVID-19DI WILAYAH KELURAHAN TANJUNG DUREN JAKARTA BARAT. Andhara, 1(2), 1–8. Diambil dari http://jurnal.undira.ac.id/index.php/andhara/article/view/71