CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN PRODUK KECANTIKAN PEMUTIH WAJAH DAN TUBUH DI TELEVISI (Analisis Teori Kritis)

Isi Artikel Utama

Mar'atus Solikah

Abstrak

Perempuan dalam iklan produk kecantikan pemutih wajah dan tubuh, menyimpan citra tersembunyi yang memuat suatu kebenaran yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sekaligus menggambarkan secara mendalam mengenai citra perempuan dalam suatu iklan tertentu, khususnya pada iklan produk kecantikan pemutih wajah serta tubuh di televisi. Penelitian ini menggunakan pandangan teori kritis dalam menjelaskan serta menggambarkan mengenai citra perempuan dalam iklan produk kecantikan di televisi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah perempuan yang ada dalam iklan produk kecantikan pemutih wajah serta tubuh di televisi swasta. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik dokumentasi dengan cara menonton iklan produk kecantikan pemutih wajah dan tubuh dalam televisi swasta yang tayang setiap hari pada pukul 18.00-20.00 dari tanggal 1 November 2021 hingga 21 November 2021. Hasil dari analisis penelitian ini berupa penyajian data secara deskriptif yang mampu memberikan gambaran mengenai tema yang telah ditentukan. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara (1) Reduksi Data, (2) Data Display, (3) Penarikan Kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media berperan mengkonstruksi citra terhadap perempuan pada iklan di televisi. Citra perempuan dalam iklan produk kecantikan pemutih wajah serta tubuh di televisi berpengaruh pada pola pikir seseorang yang nantinya akan berpengaruh pada ideologi yang ada dalam masyarakat. 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Solikah, M. (2021). CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN PRODUK KECANTIKAN PEMUTIH WAJAH DAN TUBUH DI TELEVISI (Analisis Teori Kritis) . Jurnal Komunikasi Dan New Media (JKNM), 1(2), 16–26. Diambil dari http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jknm/article/view/101
Bagian
Artikel