PRAKTIK PENGGELAPAN PAJAK (TAX EVASION) DPENGARUHI OLEH FAKTOR SISTEM PERPAJAKAN, KEADILAN PAJAK, DISKRIMINASI DAN DETEKSI KECURANGAN (STUDI KASUS PADA RS JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH HARAPAN KITA DAN RS ANAK DAN BUNDA HARAPAN KITA)

Authors

  • Ika Puji Saputri Universitas Dian Nusantara
  • Islamiah Kamil Universitas Dian Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.59832/jpmk.v1i2.52

Keywords:

Sistem Perpajakan, Keadilan Pajak, Diskriminasi, Deteksi Kecurangan, Penggelapan Pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sistem perpajakan, keadilan pajak, diskriminasi dan deteksi keurangan terhadap penggelapan pajak (Studi kasus pada wajib pajak orang pribadi yang terdaftar sebagai karyawan di RS Jantung dan Pembuluh Darah harapan Kita dan RS Anak dan Bunda Harapan Kita). Sampel dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan metode convinience sampling. Karena itu, analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dalam bentuk uji regresi linier berganda dengan bantuan Software SPSS Versi 21. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem perpajakan, keadilan pajak, diskriminasi dan deteksi kecurangan berpengaruh positif terhadap penggelapan pajak (tax evasion).

Published

2021-06-11

How to Cite

Saputri, I. P., & Kamil, I. . (2021). PRAKTIK PENGGELAPAN PAJAK (TAX EVASION) DPENGARUHI OLEH FAKTOR SISTEM PERPAJAKAN, KEADILAN PAJAK, DISKRIMINASI DAN DETEKSI KECURANGAN (STUDI KASUS PADA RS JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH HARAPAN KITA DAN RS ANAK DAN BUNDA HARAPAN KITA). Jurnal Perspektif Manajerial Dan Kewirausahaan (JPMK), 1(2), 148–163. https://doi.org/10.59832/jpmk.v1i2.52