http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/issue/feed Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK) 2022-08-18T08:01:50+00:00 Admin penint.dppm@undira.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;"><strong>Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK)</strong>, e-ISSN <strong>2747-0199 dan </strong>p-ISSN <strong>2747-0180, merupakan jurnal penelitian </strong><strong>Ekonomi</strong>, Manajemen, dan Kewirausahaan yang diterbitkan sejak tahun 2020 oleh Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial. Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa, dan pihak lain yang berminat di bidang manajemen dan kewirausahaan yang meliputi Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Inovasi, dan Kewirausahaan yang relevan bagi pengembangan profesi dan praktek ilmu ekonomi.</p> <p style="text-align: justify;">Redaksi menerima naskah yang belum pernah diterbitkan oleh media lain. Penelitian yang dimuat merupakan pendapat pribadi penelitinya dan bukan merupakan pendapat redaksi. Jurnal yang terbit secara berkala <strong>2 (dua) kali dalam setahun</strong> dengan frekwensi penerbitan di bulan <strong>November</strong> dan <strong>Mei</strong>, diisi oleh <strong>8 (delapan)</strong> artikel ilmiah. Penentuan artikel yang dimuat dalam <strong>Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK) </strong>sudah melalui proses review oleh tim redaksi dengan mempertimbangkan hal berikut: Terpenuhinya persyaratan baku publikasi jurnal, metode riset yang digunakan, signifikansi, dan kontribusi hasil penelitian terhadap pengembangan keilmuan Ekonomi, Manajemen, dan Kewirausahaan.</p> http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/170 PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN 2022-08-03T09:59:02+00:00 Muhamad Ekhsan muhamad.ekhsan@pelitabangsa.ac.id Andri Aprian andriaprian561@gmail.com Ryani Dhyan Parashakti ryani.dhyan.parashakti@undira.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi, <em>organizational citizenship behavior</em> dan semangat kerja terhadap kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT Marugo Rubber Indonesia bagian produksi berjumlah 192. Sampel menggunakan&nbsp; purposive sampling dengan responden sebanyak 66 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reabilitas, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesa. Hasil dari penelitian ini membuktikakn bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikant antara komitmen organisasi dnegan kinerja karyawan, terdapat pengaruh positif dan signifikant antara <em>organizational citizenship behavior </em>dengan kinerja karyawan, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara semangat kerja dengan kinerja karyawan</p> 2022-08-03T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2022 Muhamad Ekhsan, Andri Aprian, Ryani Dhyan Parashakti http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/163 KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA DITINJAU DARI PENGARUH FAKTOR PROMOSI PENJUALAN, BRAND IMAGE, DAN HARGA 2022-08-03T08:11:37+00:00 Indra Ade Irawan indraadeirawan3@gmail.com Islamiah Kamil Islamiah@gmail.com <p><em>This study aims to analyze the effect of sales promotion, brand image, and price on purchasing decisions. The population in this study is the community of Tokopedia Marketplace users in the Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang and Bekasi (Jabodetabek) areas. The sample used is 150 respondents. The sampling method uses Convinience Sampling. Methods of data collection using survey methods, with the research instrument is a questionnaire. The data analysis method is using Multiple Linear Regression. This study proves that sales promotion has no significant effect on purchasing decisions. Brand image has a positive and significant effect on purchasing decisions. Price has a positive and significant effect on purchasing decisions</em><em>.</em></p> 2022-08-03T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2022 Indra Ade Irawan, Islamiah Kamil http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/189 THE ROLE OF TRUST IN MEDIATING PERCEIVED EASE OF USE, PERCEIVED RISK AND E-WOM ON PURCHASE INTENTION 2022-08-18T08:01:50+00:00 Nuri Aslami nuriaslami@uinsu.ac.id Ari Apriani ari.apriani@undira.ac.id Cristina Catur Widayati catur.widayati@mercubuana.ac.id Rizky Vita Losi rizkyvitalosi@dosen.pancabudi.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dari persepsi kemudahan penggunaan, risiko yang dirasakan dan E-WOM terhadap kepercayaan dan niat beli, serta untuk mengetahui pengaruh tidak langsung dari persepsi kemudahan penggunaan, risiko yang dirasakan dan E-WOM terhadap niat beli yaitu dimediasi oleh kepercayaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna shopee di Jakarta Barat dengan sampel sebanyak 260 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan analisis SEM berbantuan alat SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan, persepsi risiko tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan, E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan, persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan. niat beli, persepsi risiko tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli, E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, dengan demikian kepercayaan tidak dapat memediasi pengaruh persepsi kemudahan penggunaan. pada niat beli, kepercayaan tidak dapat memediasi pengaruh risiko yang dirasakan terhadap niat pembelian, dan kepercayaan dapat memediasi pengaruh E-WOM terhadap niat beli.</p> 2022-05-31T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2022 Nuri Aslami, Ari Apriani, Cristina Catur Widayati, Rizky Vita Losi http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/140 LOYALITAS NASABAH DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA KCP KOTA WISATA KABUPATEN BOGOR DITINJAU DARI KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN 2022-03-04T03:22:29+00:00 Ibnu Haris Nasution ibnu.haris.nasution@undira.ac.id Agtovia Frimayasa agtovia.frimayasa@undira.ac.id <p>This study aims to see how the influence of product quality, promotion and service quality on customer loyalty at Bank BRI KCP Kota Wisata Bogor Regency. The form of the research is associative with the population being all customers who are savers at the BRI KCP bank, Bogor Regency, which amount to 10,000 customers. Sampling with the slovin formula to obtain a sample of 200 customers. The measurement of the variables was done by using a questionnaire which was quantified with a Likert scale. The method of analysis is carried out by stratified regression. This is intended to see the relationship of variables to other variables directly or indirectly or through intermediate variables. Based on the existing phenomenon, BRI KCP Kota Wisata Bogor Regency from time to time has increased the number of customers every year. This research is a type of field research that uses quantitative methods. The type of data used in this research is the type of primary data assisted by the SPSS program. Data collection was taken from the results of distributing questionnaires to 100 respondents. The sampling technique used in this study is the Accidental Sampling method and this study uses multiple linear regression data analysis techniques. The results of this study indicate that the product quality variable partially has no effect on customer loyalty, while the promotion variable and service quality variable partially have a positive and significant effect on customer loyalty at PT. Bank BRI KCP Kotawisata, Bogor Regency.</p> 2022-05-31T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2022 Ibnu Haris Nasution, Agtovia Frimayasa http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/174 EFFECT OF WORK ENVIRONMENT AND COMMUNICATION ON EMPLOYEE PERFORMANCE AT PT ARYAN INDONESIA 2022-08-08T04:07:26+00:00 Jeffry H. Sinaulan jeffryhermansinaulan@gmail.com Hilda Aulia hildaaulya@gmail.com <p><strong>Abstract:</strong> This study aims to determine, describe, and analyze the influence of the work environment and communication on employee performance variables in a company. Either Simultaneously or Partially. The results showed that the work environment and communication variables had a significant effect on employee performance variables. Based on the t-test, the t-count value = 9.878 with a significance value of 0.000 &lt;0.05 for the Work Environment Variable, and the t-count = 4.831 with a significance value of 0.001 &lt;0.05 for the Communication Variable. The Work Environment Variable has a greater influence on Employee Performance with a Regression Coefficient of 0.844 compared to the Communication Variable of only 0.318. From the overall results of the study, it can be concluded that the Work Environment and Communication Variables have a significant influence on the Employee Performance Variables either Simultaneously or Partially.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Keyword: Work Environment, Communication, Employee Performance</p> 2022-05-31T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2022 Jeffry H. Sinaulan, Hilda Aulia http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/167 PERAN CITRA MEREK PADA PENGALAMAN MENGGUNAKAN UANG ELEKTRONIK 2022-08-09T07:28:12+00:00 Ika Puji Saputri ika.puji.saputri@undira.ac.id Vely Randyantini vely.randyantini@undira.ac.id Bagus Nurcahyo bagus@staff.gunadarma.ac.id <p>Kondisi perbankan yang sangat dinamis saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat terhadap kualitas pelayanannya. Citra merek memegang peranan penting dalam pengembangan sebuah merek atau produk. Karena citra merek menyangkut reputasi dan kredibilitas merek dari suatu produk suatu perusahaan. Citra merek yang baik akan berdampak positif bagi perusahaan karena mampu memberikan kepuasan kepada konsumennya, sehingga dapat meningkatkan daya tarik konsumen untuk menggunakan suatu produk atau jasa. Dengan adanya perbaikan fasilitas dan pelayanan pada produk perbankan yang sedang digalakkan saat ini, maka akan membuat pengalaman pengguna menjadi baik dan semakin loyal untuk menggunakan produk uang elektronik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh citra merek terhadap pengalaman pelanggan dalam penggunaan uang elektronik. Dimana untuk keperluan pengujian hipotesis menggunakan dimensi pengalaman pelanggan sense, feel, think, act dan relate. Responden penelitian ini adalah pengguna uang elektronik yang dikeluarkan oleh bank Mandiri dan BCA sejumlah 110 responden dengan minimal penggunaan 3 bulan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan penelitian ini dalam menilai hipotesis menggunakan analisis jalur. Berdasarkan bukti empiris yang didapat maka hasil dari penelitian ini diketahui bahwa variabel citra merek berpengaruh positif terhadap pengalaman pelanggan dalam menggunakan uang elektronik, khususnya pengalaman merasakan kemudahan pengisian ulang, penggunaan untuk transaksi pembayaran serta luasnya jangkauan uang elektronik tersebut.</p> 2022-05-31T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2022 Ika Puji Saputri, Vely Randyantini, Bagus Nurcahyo http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/153 PERANAN EMPLOYER BRANDING DAN MOTIVASI KERJA UNTUK MENCIPTAKAN EMPLOYEE ENGAGEMENT DI UNIVERSITAS XYZ 2022-03-05T15:55:49+00:00 Windayanti Windayanti windayanti@undira.ac.id Wenny Desty Febrian Febrian wenny.sani27@gmail.com <p>Peran strategis sumber daya manusia dapat memberikan organisasi kekuatan dalam mewujudkan tujuan bisnisnya. Salah satu dari kekuatan organisasi dari sisi manajemen sumber daya manusia adalah keterikatan karyawan terhadap organisasi (<em>employee engagement).</em> Gallup Organisasi mengibaratkan <em>employee engagement </em>sebagai ikatan emosional positif yang dimiliki karyawan dan komitmen yang dimiliki karyawan (Gallup, 2013). Perusahaan harus memiliki strategi yang baik agar karyawan memiliki komitmen yang baik dengan perusahaan maka <em>intention to leave </em>&nbsp;akan berkurang. <em>Employer Branding </em>merupakan strategi atau perusahaan menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan, perilaku yang positif dan kompetitif, kerjasama tim yang baik, sistem<em> reward</em> yang baik, tata kelola organisasi yang baik, serta budaya belajar dan pelatihan yang memadai, dengan hal tersebut karyawan akan bangga dalam bekerja karena diperhatikan perusahaan oleh karena itu karyawan akan meningkatkan kinerja menjadi lebih baik serta nyaman dalam bekerja sehingga mengurangi intensitas karyawan untuk meninggalkan perusahaan dengan sukarela. Universitas xyz dengan perubahan manajemen dan kepemilikan yang baru memiliki strategi manajemen yang dapat mewujudkan keterikatan karyawan terhadap organisasi. Organisasi akan banyak mendapatkan kekuatan sumber daya manusia selaras dengan strategi yang dijalankan oleh organisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi. Keabsahan data dan kredibilitas data diuji dengan menggunakan teknik triangulasi. Subjek penelitian ini adalah lima orang karyawan dari level pimpinan dan staff non akademis. Hasil dari penelitian ini adalah universitas xyz mengimplementasikan <em>employer branding </em>dengan pemberian motivasi untuk meningkatkan <em>engagement</em> karyawan.</p> 2022-08-03T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2022 Windayanti Windayanti, Wenny Desty Febrian Febrian http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/180 ANALYSIS OF ONLINE PURCHASE INTENTION FROM THE PERSPECTIVE OF ONLINE CUSTOMER REVIEWS, ONLINE ADVERTISING, AND WEBSITE QUALITY 2022-08-08T06:52:54+00:00 Muhamad Al Faruq Abdullah alfaruq1602@gmail.com Yanthy Herawaty Pangaribuan yanthy.herawaty.purnama@undira.ac.id Fathihani Fathihani fathihani@undira.ac.id Wenny Desty Febrian wenny.desty.febrian@undira.ac.id <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh hubungan variabel yang mempengaruhi niat beli pada situs e-commerce yang saat ini semakin meningkat. Penelitian ini dilakukan pada salah satu situs e-commerce yaitu Elevenia. Data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 120 responden di DKI Jakarta dan sudah mengetahui situs Elevenia. Data dianalisis menggunakan aplikasi Structural Positive and Equation Model (SEM) Partial Least Square (smartPLS 3.0) untuk menguji semua hubungan antara review konsumen online, iklan online, dan variabel kualitas situs web terhadap niat beli dalam model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa review konsumen online dan kualitas website memiliki hubungan positif dan signifikan dengan niat beli. Namun, iklan online memiliki hubungan positif dan tidak signifikan dengan niat beli.</p> 2022-05-31T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2022 Muhamad Al Faruq Abdullah, Yanthy Herawaty Pangaribuan, Fathihani Fathihani, Wenny Desty Febrian