Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK) http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk <p style="text-align: justify;"><strong>Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK)</strong>, e-ISSN <strong>2747-0199 dan </strong>p-ISSN <strong>2747-0180, merupakan jurnal penelitian </strong><strong>Ekonomi</strong>, Manajemen, dan Kewirausahaan yang diterbitkan sejak tahun 2020 oleh Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial. Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa, dan pihak lain yang berminat di bidang manajemen dan kewirausahaan yang meliputi Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional, Manajemen Sumber Daya Manusia, , Manajemen Inovasi, dan Kewirausahaan yang relevan bagi pengembangan profesi dan praktek ilmu ekonomi.</p> <p style="text-align: justify;">Redaksi menerima naskah yang belum pernah diterbitkan oleh media lain. Penelitian yang dimuat merupakan pendapat pribadi penelitinya dan bukan merupakan pendapat redaksi. Jurnal yang terbit secara berkala <strong>2 (dua) kali dalam setahun</strong> dengan frekwensi penerbitan di bulan <strong>November</strong> dan <strong>Mei</strong>, diisi oleh <strong>8 (delapan)</strong> artikel ilmiah. Penentuan artikel yang dimuat dalam <strong>Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK) </strong>sudah melalui proses review oleh tim redaksi dengan mempertimbangkan hal berikut: Terpenuhinya persyaratan baku publikasi jurnal, metode riset yang digunakan, signifikansi, dan kontribusi hasil penelitian terhadap pengembangan keilmuan Ekonomi, Manajemen, dan Kewirausahaan.</p> id-ID penint.dppm@undira.ac.id (Admin) penint.dppm@undira.ac.id (IT Support) Rab, 20 Jan 2021 06:52:13 +0000 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 MODEL NIAT PEMBELIAN KEMBALI: ANALISIS KESADARAN MEREK, ASOSIASI MEREK, DAN LOYALITAS MEREK (STUDI KASUS PRODUK PRIVATE LABEL PADA TOKO ALFAMIDI DI KOTA TANGERANG) http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/8 <p>Keberadaan produk dengan merek private label menjadi prioritas tersendiri bagi para ritailer, selain dapat membantu untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan penjualan di toko, juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggannya. Namun perkembangan penjualan produk-produk private label khususnya di Toko Alfamidi Kota Tangerang cenderung stagnan dalam perkembangannya. Berkaitan dengan hal tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan model niat pembelian kembali dan mengetahui pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, dan loyalitas merek terhadap niat pembelian kembali produk private label. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan datanya survey Penyebaran kuisioner pada 100 responden di lokasi penelitian Toko Alfamidi di Kota Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek, asosiasi merek, dan loyalitas merek berpengaruh positif dan sinifikan terhadap niat pembelian kembali produk private label.</p> Khilyatin Ikhsani, Agung Hudaya Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK) https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/8 Rab, 20 Jan 2021 00:00:00 +0000 PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/6 <p>Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan Frontliner, pengaruh komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan Frontliner. Objek penelitian ini adalah karyawan Frontliner PT Bank Mandiri (Persero), Tbk Area Tangerang Bintaro yang berjumlah 50 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kausal. Data yang diambil merupakan kuesioner terhadap karyawan Frontliner PT Bank Mandiri (Persero), Tbk Area Tangerang Bintaro. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dalam bentuk uji regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Frontliner, variabel komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Frontliner PT Bank Mandiri (Persero), Tbk Area Tangerang Bintaro.</p> Catur Widayati, Magito, Rani Triana Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK) https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/6 Rab, 20 Jan 2021 00:00:00 +0000 PENGARUH PENGAWASAN, KOMPENSASI, DAN PUNISHMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN ( STUDI PADA PT. IEI CIKARANG ) http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/3 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh pengawasan, kompensasi dan punishment terhadap kinerja karyawan. Populasi dan sampel&nbsp; dalam penelitian ini adalah karyawan PT IEI,&nbsp; dengan responden sebanyak 70 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reabilitas, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel independen pengawasan, kompensasi, dan punishment memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan.</p> Muhamad Ekhsan, Rian Hidayat, Ryani Dhyan Parashakti Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK) https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/3 Rab, 20 Jan 2021 00:00:00 +0000 ANALISIS FAKTOR PENENTU ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF MANUFAKTUR INDONESIA http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/2 <p><strong>: </strong>Tiap orang dalam organisasi dituntut untuk memiliki komitmen agar fungsi-fungsi organisasi berjalan sebagaimana yang diharapkan agar sasaran-sasaran yang direncanakan dapat dicapai. Perilaku-perilaku pekerja secara konseptual dibedakan sebagai in-role (task dependent behavior) dan extra-role (perilaku individu yang melebihi standar perilaku yang diharapkan). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh organizational justice dan Motivasi Kerja terhadap organizational citizenship behavior. Objek pada penelitian ini adalah Karyawan pada salah satu Perusahaan Otomotif Manufaktur di Indonesia. Sampel dalam penelitian ini karyawan berjumlah 82 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan metode slovin, dengan metode penelitian kuantitatif kausal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel organizational justice dan motivasi kerja berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior. Implikasi dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan manajemen Perusahaan Otomotif Manufaktur di Indonesia unuk meningkatkan perilaku organizational citizenship behavior.</p> <p><strong> </strong></p> Wawas Bangun Tegar Sunaryo Putra, Didin Hikmah Perkasa, Satrio Nur Ahmadi, Devina Pramestuti Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK) https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/2 Rab, 20 Jan 2021 00:00:00 +0000 PENGARUH KEPUASAN KERJA, KOMITMEN ORGANISASI DAN STRES KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN PT DAYA EKA SAMUDERA JAKARTA http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/7 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, dan Stres Kerja terhadap <em>Turnover Intention</em> Karyawan PT Daya Eka Samudera Jakarta. Penelitian ini dilakukan terhadap karyawan PT Daya Eka Samudera Jakarta yang berjumlah 59 orang karyawan dengan menggunakan deskriptif kuantitatif dan metode analisis yang digunakan adalah analisis <em>Structural Equation Modeling</em> – <em>Partial Least Square</em> (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepuasan Kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap <em>Turnover Intention</em>, Komitmen Organisasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap <em>Turnover Intention,</em> dan Stres Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>Turnover Intention</em>.</p> Ryani Dhyan Parashakti, Firda Apriani Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK) https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/7 Rab, 20 Jan 2021 00:00:00 +0000 CUSTOMER’s BRAND LOYALTY: KAJIAN PADA BISNIS KESEHATAN MATA DI 10 KOTA DI PULAU JAWA http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/5 <p>Penelitian ini mengembangkan argumen bahwa perilaku konsumen pada sebuah merek didorong oleh kepercayaan, emosi yang terbangun dan kualitas produk oleh merek tersebut serta seberapa kuat keterikatan emosional terhadap merek. Penelitian ini dilakukan kepada konsumen sebuah brand bisnis Kesehatan mata yang mempunyai cabang khususnya di Pulau Jawa. 100 responden dari konsumen dilibatkan dalam penelitian ini yang berada di Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bandung, Cilegon, Serang, Karawang, Cikampek Bogor, Cianjur, Cirebon dan Sukabumi. Hasilnya mengungkapkan bahwa Kualitas Merek yang dipertimbangkan dalam Loyalitas Merek. Implikasi manajerial dan akademik juga disajikan lebih lanjut.</p> Nur Endah Retno Wuryandari Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK) https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/5 Rab, 20 Jan 2021 00:00:00 +0000 PENGARUH GAYA KOMUNIKASI PEMASAR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN UNIT APARTEMEN TRANSPARK JUANDA BEKASI http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/10 <p>Gaya komunikasi merupakan cara yang digunakan seseorang, terutama pemasar dalam menyampaikan pesan atau memberikan informasi. Setiap individu memiliki gaya komunikasi berbeda yang khas dan unik. Tujuan penelitian ini ingin membuktikan pengaruh gaya komunikasi terhadap keputusan pembelian apartemen Transpark Juanda Bekasi. Serta ingin mengetahui gaya komunikasi apa yang disukai oleh pembeli, sehingga terpengaruh oleh keinginan pemasar. Metode penelitian memakai jenis penelitian kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner serta perhitungan menggunakan&nbsp; SPSS&nbsp; (Statistical&nbsp; Product&nbsp; and&nbsp; Service&nbsp; Solutions) 26. Hasil penelitian menunjukan: Pertama, gaya komunikasi pemasar menentukan pengambilan keputusan dalam pembelian unit apartemen&nbsp; Transpark Juanda. Kedua, dari tujuh gaya komunikasi yang diteliti, dua diantaranya tidak disukai oleh responden. Ketiga, hasil uji data reliabilitas sangat reliabel yaitu 0.839 &gt; 0,20. Hasil uji validitas, penelitian dinyatakan valid, karena jumlah r hitung &gt; r tabel.</p> Dani Setiadarma, Budi Suswanto Hak Cipta (c) 2021 dani setiadarma, Budi Suswanto https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/10 Jum, 22 Jan 2021 00:00:00 +0000 PERAN PUBLIC RELATIONS INTERNAL PT. MANDOM INDONESIA DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE PRODUK KOSMETIK PIZY MELALUI PENGGUNAAN BRAND AMBASSADOR http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/11 <p>Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui peran Public Relations PT Mandom Indonesia dalam meningkatkan Brand Image produk kosmetik Pixy melalui penggunaan Brand Ambassador serta untuk mengetahui keterkaitan antara brand image dengan brand ambassador. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivistik, dengan metode pendekatan deskriptif dalam melakukan penelitian kualitatif. Metode yang dilakukan adalah dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam dengan key informan dari public relations PT Mandom Indonesia dan informan dari konsumen produk kosmetik Pixy.Peran yang dilakukan oleh Public Relations. PT Mandom Indonesia adalah: (a) praktisi PR PT Mandom Indonesia merupakan praktisi yang ahli pada bidangnya masing-masing sehingga nantinya akan saling bersinergi dalam upaya meningkatkan Brand Image produk Pixy, (b) PR menjadikan Mikha Tambayong sebagai Brand Ambassador Pixy agar dapat membantu PT Mandom Indonesia dalam mengkomunikasikan brand Pixy kepada masyarakat , (c) PR PT Mandom Indonesia mengubah gaya komunikasi menjadi lebih menarik, melakukan Repackaging, dan menjadikan Mikha Tambayong sebagai Brand Ambassador Pixy, (d) PR PT Mandom Indonesia bertindak sebagai divisi yang menjalankan kegiatan komunikasi yang sudah ditugaskan oleh divisi Management dan Product Development berupa Event dalam upaya mengkomunikasikan Brand Pixy kepada masyarakat. dan ada keterkaitan antara Brand Image Pixy dengan Mikha Tambayong yang merupakan Brand Ambassador Pixy. Dikarenakan Mikha merupakan representative Pixy.</p> Kornelia Johana Dacosta, Ida Royani Damayanti, Anggia Arizqi Hak Cipta (c) 2021 Kornelia Johana Dacosta, Ida Royani Damayanti, Anggia Arizqi https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/11 Jum, 22 Jan 2021 00:00:00 +0000