PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI NAMA KENDARAAN BERBASIS ANIMASI MULTIMEDIA UNTUK ANAK-ANAK KELOMPOK BERMAIN

Isi Artikel Utama

Dwi Andrian
Nur Farida Irmawati

Abstrak

Metode pembelajaran pada anak dapat berbagai macam penyampaiannya, dari metode konvensonal, metode bercerita, metode tanya jawab serta metode bermain. Dengan adanya Pandemic Covid-19 yang sampai dengan saat ini menjadi masalah kita bersama, dunia pendidikan saat ini mau tidak mau harus melakukan proses pembelajaran dari rumah saja atau melalui metode daring (dalam jaringan) untuk menghindari kerumunan di tempat umum seperti sekolah, sehingga penyampaian pembelajaran pun harus melalui jaringan internet. Untuk menunjang pembelajaran melalui media internet agar dapat dipahami oleh anak maka kami tim peneliti membuat Game Edukasi berbasis animasi multimedia untuk membantu pembelajaran melalui media animasi, gambar dan media suara agar terlatih nya sesnsor motorik pada anak. Metode yang digunakan metode pengumpulan data ebook, jurnal, buku dan observasi lapangan ataupun informasi lain di internet. Adapun tujuan dari media pembelajaran ini adalah (1) membantu guru-guru Kelompok Bermain dalam memberikan materi tambahan (2) membantu anak-anak Kelompok Bermain dalam mengenali nama-nama kendaraan. Hasil penelitian ini adalah suatu produk aplikasi game edukasi berbasis animasi multimedia dan dipublikasikan minimal pada sebuah jurnal nasional tidak terakreditasi.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Andrian, D., & Farida Irmawati, N. (2022). PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI NAMA KENDARAAN BERBASIS ANIMASI MULTIMEDIA UNTUK ANAK-ANAK KELOMPOK BERMAIN. Jurnal Tera, 2(1), 79–88. Diambil dari http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jurnaltera/article/view/97
Bagian
Artikel