PENGARUH CITRA PROGRAM LPP RRI SUNGAILIAT TERHADAP MINAT DENGAR (STUDI PADA MASYARAKAT KECAMATAN SUNGAILIAT KABUPATEN BANGKA)

Authors

  • Ida Royani Damayanti a:1:{s:5:"id_ID";s:26:"Universitas Dian Nusantara";}
  • Dian Ismu Saputra Universitas Dian Nusantara
  • Kornelia Johana Dacosta Universitas Dian Nusantara

Keywords:

Citra Program, Minat Dengar, RRI

Abstract

Citra program LPP RRI Sungailiat yang dulunya dikenal sebagai radio “jadul” yang kini bertranformasi menjadi radio publik dengan program acara yang banyak melibatkan masyarakat dan mengikuti perkembangan zaman. Citra Program LPP RRI Sungailiat ini mampu mempengaruhi minat mendengar radio bagi masyarakat Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah koresional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah masyarakat Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka yang mendengar LPP RRI Sungailiat dengan sampel sebanyak 398 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil pembahasan berdasarkan asumsi nilai sign yaitu 0, 000  0,05,  maka terdapat pengaruh positif dan signifikan citra program LPP RRI Sungailiat terhadap minat dengar masyarakat Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka. Nilai korelasi (R) 0,317 menunjukkan hubungan “rendah” variabel citra dengan minat dengar. Koefisien determinasi 10,10%, sedangkan sisanya 89,90% (100% - 10,10%) dipengaruhi variabel selain citra. Persamaan regresi hubungan antar variabel adalah Y = 40,630 + 0,170X. Adapun rekomendasi  yang diajukan dalam penelitian ini adalah LPP RRI Sungailiat  harus meningkatkan  citra nya tidak hanya pada program-programnya tapi juga citra secara keseluruhan, selain itu masyarakat Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka harus mendukung semua kegiatan yang dilakukan LPP RRI Sungailiat.

Published

2021-06-10

How to Cite

Damayanti, I. R., Saputra, D. I. ., & Dacosta, K. J. . (2021). PENGARUH CITRA PROGRAM LPP RRI SUNGAILIAT TERHADAP MINAT DENGAR (STUDI PADA MASYARAKAT KECAMATAN SUNGAILIAT KABUPATEN BANGKA). Jurnal Komunikasi Dan New Media (JKNM), 1(1), 12–22. Retrieved from http://jurnal.undira.ac.id/jknm/article/view/62