PELATIHAN PERENCANAAN CAMPURAN BETON BAGI MAHASISWA DI WILAYAH JAKARTA TIMUR

Authors

  • Era Agita Kabdiyono Universitas Dian Nusantara
  • Rifaldi Adi Saputra Universitas Dian Nusantara

Keywords:

teknologi bahan konstruksi, kuat tekan, beton

Abstract

Pelatihan uji kuat tekan brton dengan melibatkan mahasiswa Universitas Dian Nusantara dan asisten laboratorium Universitas Gunadarma dan di diampingi oleh dosen pendamping dari Universitas Gunadarma dan Universitas Dian Nusantara. Tujuan kegiatan PKM ini adalah sebagai salah satu bentuk Kerjasama dibidang pegabdian kepada masyarakat antara kampus Universitas Gundarma dengan Universitas Dian Nusantara dalam bentuk praktikum dilaboratorium Universitas Gunadarma , Ciracas, Jakarta Timur. Permasalahan itu diantaranya adalah karakteristik bahan untuk pembuatan beton hanya dapat ditentukan pasti di laboratorium, tidak dapat langsung digunakan begitu saja. Hanya semen yang dikehendaki pabrik yang digunakan agar sesuai dengan standar industri tertentu. Penggunaan air pada campuran beton juga harus diketahui dengan baik mutunya, untuk itu perlu juga dilakukan pengujian. Berdasarkan pengujian kuat tekan yang dilakukan didapat data kuat tekanbeton silinder dilakukan percobaan pengujian kuat tekan beton silinder dengan berat 11,888 kg mempunyai luas tekan 181,220 cm2 dengan gaya tekan 190,000 kN mendapatkan kuat tekan 10,485 Mpa setelah di konversi umur 5 hari mendapat nilai f’c = 19,452 Mpa, dengan bentuk kehancuran kerucut dan belah. Berdasarkan pengujian kuat tekan yang dilakukan didapat data kuat tekan beton kubus dengan berat 7,720 kg mempunyai luas tekan 215,325 cm2 dengan gaya tekan 420,000 kN mendapatkan kuat tekan 198,897 Kg/cm2 setelah dikonversi umur 5 hari mendapatkan kuat tekan K 369,010 dengan bentuk kehancuran kerucut dan belah.

 

 

Downloads

Published

2025-01-06

How to Cite

Agita Kabdiyono, E., & Saputra, R. A. (2025). PELATIHAN PERENCANAAN CAMPURAN BETON BAGI MAHASISWA DI WILAYAH JAKARTA TIMUR. Andhara, 3(2), 110–116. Retrieved from https://jurnal.undira.ac.id/andhara/article/view/236