DESAIN KOMERSIALISASI KEMASAN SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF PADA UMKM KELURAHAN TANJUNG DUREN UTARA
Keywords:
Kelurahan Tanjung Duren Utara, Desain Komersialisasi, UMKMAbstract
Sebagian besar kemasan produk UMKMdi Kelurahan Tanjung Duren Utara RW05 Jakarta Barat tidak memiliki desain yang menarik, inovatif dan kreatif. Produk makanan yang hanya dibungkus dengan plastik trasparan tanpa label atau informasi apapun, memberikan kesan kurang menarik. Hal ini membuat produk kurang memiliki daya saing dengan produk lokal lainnya. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah metode presentasi dan metode demonstrasi mengenai pengenalan desain komersialisasi kemasan, dilanjutkan dengan diskusi untuk menganalisis beberapa kemasan produk pembanding. Peserta terlihat sangat antusias dan berdiskusi aktif untuk pengembangan kemasan produknya agar lebih bernilai jual. Setelah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat selanjutnya desain kemasan baru sudah menawarkan daya tahan yang lebih lama, dilengkapi dengan keterangan label. Logo dipilih berupa gambar, teks berwarna dan terdapat keterangan varian rasa Setelah menggunakan kemasan baru, produk-produk UMKM Kelurahan Tanjung Duren Utara RW 05 Jakarta Barat, konsumen yang memesan secara berkala sudah mulai bertambah dari luar daerah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Khilyatin Ikhsani, Nur Endah Retno Wuryandari, Christina Catur Widayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Andhara is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.