Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK) https://jurnal.undira.ac.id/jpmk <p style="text-align: justify;"><strong>Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK)</strong>, e-ISSN <strong>2747-0199 dan </strong>p-ISSN <strong>2747-0180, merupakan jurnal penelitian </strong><strong>Ekonomi</strong>, Manajemen, dan Kewirausahaan yang diterbitkan sejak tahun 2020 oleh Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial. Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa, dan pihak lain yang berminat di bidang manajemen dan kewirausahaan yang meliputi Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Inovasi, dan Kewirausahaan yang relevan bagi pengembangan profesi dan praktek ilmu ekonomi.</p> <p style="text-align: justify;">Redaksi menerima naskah yang belum pernah diterbitkan oleh media lain. Penelitian yang dimuat merupakan pendapat pribadi penelitinya dan bukan merupakan pendapat redaksi. Jurnal yang terbit secara berkala <strong>2 (dua) kali dalam setahun</strong> dengan frekwensi penerbitan di bulan <strong>November</strong> dan <strong>Mei</strong>, diisi oleh <strong>8 (delapan)</strong> artikel ilmiah. Penentuan artikel yang dimuat dalam <strong>Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK) </strong>sudah melalui proses review oleh tim redaksi dengan mempertimbangkan hal berikut: Terpenuhinya persyaratan baku publikasi jurnal, metode riset yang digunakan, signifikansi, dan kontribusi hasil penelitian terhadap pengembangan keilmuan Ekonomi, Manajemen, dan Kewirausahaan.</p> id-ID penint.dppm@undira.ac.id (Admin) penint.dppm@undira.ac.id (IT Support) Mon, 02 Jan 2023 06:11:05 +0000 OJS 3.3.0.14 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 ANALISIS PENGARUH MAKRO EKONOMI DAN FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP HARGA SAHAM https://jurnal.undira.ac.id/jpmk/article/view/173 <p>Investasi merupakan salah satu alat untuk mendapatkan penghasilan dimasa yang akan datang. Namun, dengan banyaknya ketidakpastian dimasa yang akan datang, seorang investor hendaknya mencari informasi terkait faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham sebelum melakukan investasi dipasar modal untuk meminimalisir terjadinya kerugian yang akan dihadapi dalam berinvestasi. Tinggi rendahanya harga saham dapat dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor mikro ekonomi dan faktor makro ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mengenai inflasi, suku bunga, profitabiltas dan likuiditas terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di JII. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengolah data panel pada aplikasi eviews 10. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian adalah sebanyak 15 perusahaan yang terdaftar di JII pada periode 2015 sampai dengan 2019. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah data sekunder yang sudah terpublikasi di Bursa Efek Indonesia. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dimana pengambilan sampel dilakukan berdasarkan kriteria tertentu. Hasil dari penelitian ini adalah secara parsial variabel inflasi dan suku bunga tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan untuk variabel profitabilitas dan likuiditas berpengaruh signifikan terhadap harga saham.</p> Elsye Fatmawati, Nanda Hermafiani Hak Cipta (c) 2022 Elsye Fatmawati, Nanda Hermafiani https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.undira.ac.id/jpmk/article/view/173 Wed, 30 Nov 2022 00:00:00 +0000 PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBANGUN IDENTITAS MEREK DIKALANGAN WIRAUSAHA MUDA https://jurnal.undira.ac.id/jpmk/article/view/195 <p>Peningkatan jumlah pengguna media sosial merupakan potensi bagi kalangan pengusaha atau wirausaha muda khususnya untuk mengembangkan usahanya di media sosial. Pengguna aktif media sosial sebanyak 191 juta merupakan target market yang potensial bagi dunia usaha. Pemanfaatan media sosial secara optimal untuk bisnis dapat menguntungkan pelaku bisnis dan meningkatkan kesejahteraan pelaku bisnis dan masyarakat yang terlibat seperti semakin luasnya kesempatan kerja sehingga memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat dan dapat mengurangi kemiskinan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan ialah dengan membangun identitas merk di media sosial oleh wirausaha muda. Seperti diketahui pengguna media sosial di Indonesia terutama instgram adalah kalangan muda. Banyaknya wirausahawan muda berbisnis di media sosial, menjadi tantangan tersendiri untuk dapat bersaing menarik perhatian konsumen, sehingga produk yang ditawarkan harus memiliki identitas agar mudah dikenal diantara para kompetitor. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif, subyek penelitian adalah wirausaha muda yang menggunakan media sosial untuk bisnis minimal 1 tahun dan dipilih secara purposive.</p> Imam Yuwono Hak Cipta (c) 2023 Imam Yuwono https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.undira.ac.id/jpmk/article/view/195 Wed, 30 Nov 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, MOTIVASI BERWIRAUSAHA, E-COMMERCE, DAN PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PASCA PANDEMI COVID-19 STUDI PENELITIAN PADA WANITA GENERASI Z DI KOTA MED https://jurnal.undira.ac.id/jpmk/article/view/165 <table> <tbody> <tr> <td> <p><strong>Abstrak: </strong>Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengetahuan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, e-commerce, dan penggunaan sosial media terhadap minat berwirausaha (studi penelitian pada wanita generasi Z di Kota Medan).Desain penelitian analisis regresi linier berganda digunakan sebagai alat analisis untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara variabel independen dan dependen. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel yang ada pada penelitian ini, yaitu untuk populasi berdasarkan umur (20-24)&nbsp; dengan individu berjenis kelamin (Perempuan) 130.549 jiwa dengan sampel 101 jiwa wanita generasi Z di Kota Medan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengetahuan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha memiliki pengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha, sedangkan untuk variabel e-commerce dan penggunaan sosial media tidak memiliki pengaruh yang signifikan.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> </td> </tr> </tbody> </table> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha,<em>E-commerce</em>, Penggunaan Sosial Media, Minat Berwirausaha.</p> Alawi Fathan Yasin Hak Cipta (c) 2022 Alawi Fathan Yasin https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.undira.ac.id/jpmk/article/view/165 Wed, 30 Nov 2022 00:00:00 +0000 POTENSI JONGGOL GARDEN DI DESA CIBODAS DALAM PROSPEK PENGEMBANGAN EKOWISATA https://jurnal.undira.ac.id/jpmk/article/view/179 <p>Pandemi covid telah menghancurkan perekonomian Indonesia, termasuk industri Pariwisata. Pasca pandemi pariwisata mulai dibuka kembali, salah satunya Jonggol Garden yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi ekowisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi dan hambatan Jonggol Garden setelah pandemi. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan purposive dan insidental sampling melalui pemberian kuesioner, wawancara dan data sekunder dari bahan literatur. Analisis data dengan SWOT dan Univariat dan bivariate untuk tiap-tiap variabel yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jonggol Garden cukup mempunyai potensi dan peluang sebagai destinasi ekowisata yang dekat kota walau pengunjung menurun. Keberadaannya mampu menyokong ekonomi masyarakat sekitar walau belum menyeluruh. Kelemahan Jonggol Garden adalah kekurangan modal untuk biaya perbaikan sarana dan prasarana. Disamping itu Jonggol Garden mempunyai ancaman dari wisata lain yang mulai bermunculan di sekitarnya. Sedang hasil analisis bivariate variabel Sarana dan Prasana, Kepuasan Pengunjung hasilnya tidak signifikan. Akses jalan menuju tempat wisata berhubungan dengan Kepuasan Wisata sangat signifikan. Sedang Kebersihan berhubungan dengan Daya Tarik Wisata secara signifikan.</p> Dian Meliantari Hak Cipta (c) 2023 Dian Meliantari https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.undira.ac.id/jpmk/article/view/179 Wed, 30 Nov 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PENJUALAN PADA CV INSPORT https://jurnal.undira.ac.id/jpmk/article/view/175 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem informasi akuntansi terhadap sistem pengendalian intern pada CV Insport. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner yang disebarkan kepada karyawan yang menggunakan sistem informasi perusahaan pada CV Insport. Kuesioner ini dibagikan kepada 30 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Sederhana dengan menggunakan SPSS versi 26. Berdasarkan hasil analisis penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa variabel bebas (Sistem Informasi Akuntansi) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat ( Sistem Pengendalian Intern).</p> Yeniasari Rizkia Budi, Dinda Vernanda Sari Hak Cipta (c) 2022 Yeniasari Rizkia Budi, Dinda Vernanda Sari https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.undira.ac.id/jpmk/article/view/175 Wed, 30 Nov 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH PRODUCT QUALITY DAN SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION YANG BERDAMPAK PADA CUSTOMER LOYALTY https://jurnal.undira.ac.id/jpmk/article/view/171 <p>Di dunia ini, banyak sekali bisnis kreatif yang mulai berada. Salah satu kategorinya adalah pada bidang makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tau apakah ada efek dari Product Quality dan Service Quality&nbsp; terhadap Customer Satisfaction dan dampaknya pada Customer Loyalty di Cocomas Terrace cabang Cibubur Junction, dengan menargetkan 100 responden. Penelitian ini akan digunakan uji SEM-PLS dan diketahui bahwa Product Quality dan Service Quality mempengaruhi Customer Satisfaction&nbsp; dan Customer Loyalty.</p> Rita Rita, Dicky Davidson Hak Cipta (c) 2022 Rita Rita, Dicky Davidson https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.undira.ac.id/jpmk/article/view/171 Wed, 30 Nov 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEPEMILIKAN KELUARGA, DAN THIN CAPITALIZATION TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK https://jurnal.undira.ac.id/jpmk/article/view/182 <p>Tujuan penelitian ini adalah menguji dan menganalisis tentang pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan keluarga<em>, </em>dan <em>Thin Capitalization</em> terhadap penghindaran pajak. Penelitian ini menggunakan data perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2017 sampai dengan 2021, penelitian ini menggunakan metode <em>purposive sampling. </em>Sampel dari penelitian ini ada 6 perusahaan yang memenuhi kriteria. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi data panel yang merupakan gabungan runtut waktu dan data silang untuk mendapatkan data yang lebih informatif. Dari Tabel hasil uji regresi dapat dinyatakan bahwa Kepemilikan Institusional berpengaruh positif signifikan terhadap penghindaran pajak pada tingkat kepercayaan 95%, kepemilikan keluarga tidak berpengaruh terhadap penghindaran, <em>Thin Capitalization </em>berpengaruh positif signifikan terhadap penghindaran pajak pada tingkat kepercayaan 95, dan Kepemilikan Institusional, Kepemilikan keluarga dan <em>Thin Capitalization</em> secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel dependen penghindaran pajak.</p> Achmad Tarmizi, Didin Hikmah Perkasa Hak Cipta (c) 2023 Achmad Tarmizi, Didin Hikmah Perkasa https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.undira.ac.id/jpmk/article/view/182 Wed, 30 Nov 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND TRUST DAN BRAND LOYALTY TERHADAP REPURCHASE INTENTION SMARTPHONE IPHONE (STUDI PADA MAHASISWA S1 FEB MERCU BUANA JAKARTA DAN KARYAWAN PT GO-JEK INDONESIA) https://jurnal.undira.ac.id/jpmk/article/view/178 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>brand awareness, brand trust</em> dan <em>brand loyalty</em> terhadap <em>repurchase intention</em> pada pengguna Apple iPhone. Jumlah sampel penelitian yang dipergunakan adalah sebanyak 85 pengguna Apple iPhone menggunakan metode <em>purposive sampling</em>. Metode pengumpulan data menggunakan metode survey, dengan instrumen penelitian adalah kuesioner. Metode analisis data menggunakan <em>Partial Least Square</em> versi 3.0. Penelitian ini membuktikan bahwa variabel <em>brand awareness</em> berpengaruh secara signifikan terhadap <em>repurchase intention</em>, <em>brand trust</em> berpengaruh signifikan terhadap <em>repurchase intention</em> dan <em>brand loyalty</em> berpengaruh signifikan terhadap <em>repurchase intention</em>. Hal ini menunjukkan bahwa peran<em> brand awareness, brand trust</em> dan <em>brand loyalty</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel repurchase intention. Implikasi hasil penelitian ini untuk meningkatkan dan mempertahankan loyalitas merek peningkatan <em>repurchase intention</em> <em>smart</em><em> phone</em> Apple iPhone</p> Mochamad Rizki Sadikin, Eko Aprilianto Hak Cipta (c) 2022 Mochamad Rizki Sadikin, Eko Aprilianto https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.undira.ac.id/jpmk/article/view/178 Wed, 30 Nov 2022 00:00:00 +0000