KERANGKA KERJA PENGELOLAAN KEAMANAN INFORMASI UNTUK MENUNJANG IMPLEMENTASI ELEARNING PADA PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Henri Septanto a:1:{s:5:"id_ID";s:26:"Universitas Dian Nusantara";}
  • Fakhria Nur Sabrina Universitas Dian Nusantara
  • Nur Farida Irmawati Universitas Dian Nusantara

Keywords:

kerangka kerja, elearning, keamanan informasi

Abstract

Kerangka Kerja Pengelolaan Keamanan Informasi harus melalui alur tahapan proses yang dimulai dari membuat tahapan persiapan, identifikasi aset, kebijakan dan dokumen pengelolaan keamanan informasi, operasional Teknologi Informasi (TI), jaringan komunikasi, pengamanan informasi serta keberlanjutan Business Planning. Elearning atau pembelajaran daring di era Pandemi Covid 19 sudah menjadi sebuah metode pembelajaran yang wajib dijalankan. Elearning sebagai sebuah sarana dan metode pembelajaran dipercaya dapat mengakomodasi pertemuan sebagai pengganti pertemuan  tatap  muka dalam pembelajaran. Elearning kampus yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan di sebuah perguruan tinggi  harus dikelola dan terukur agar mutu dari pembelajaran tetap sesuai standar tata Kelola yang yang berlaku. Untuk menjamin dan mengurangi resiko keamanan informasi maka kerangka kerja pengelolaan keamanan informasi harus ditetapkan terlebih dahulu sebagai sebuah mekanisme kontrol untuk pengendalian terhadap tatakelola pada teknologi informasi. Pengukuran tatakelola teknologi informasi khususnya pada implementasi elearning harus dilakukan. Penelitian ini bertujuan mengurangi resiko terhadap keamanan informasi saat penerapan elearning dengan memastikan apakah kerangka kerja keamanan informasi telah dibuat dan dijalankan oleh perguruan tinggi.  Sehingga dapat dilihat apakah Elearning yang dijalankan memiliki resiko tinggi terhadap masalah keamanan informasi atau sudah cukup aman untuk dijalankan, sehingga dapat dipastikan keberlanjutan elearning dapat berjalan dengan baik,

Published

2022-09-30

How to Cite

Septanto, H., Sabrina, F. N., & Irmawati, N. F. (2022). KERANGKA KERJA PENGELOLAAN KEAMANAN INFORMASI UNTUK MENUNJANG IMPLEMENTASI ELEARNING PADA PERGURUAN TINGGI. Jurnal Tera, 2(2), 73–83. Retrieved from https://jurnal.undira.ac.id/jurnaltera/article/view/128