PENILAIAN TATA KELOLA ELEARNING DI UNIVERSITAS XYZ BERDASARKAN KOMBINASI STANDAR KUESIONER INDEKS KAMI VERSI 4.0 DAN COBIT 5
Kata Kunci:
Tata Kelola, IT Governance, E-learning, Indeks KAMIAbstrak
Investasi yang cukup besar dalam bidang Teknologi Informasi di Era Informasi pada umumnya telah dilakukan oleh organisasi-organisasi seperti perusahaan, berbagai institusi lainnya baik milik swasta maupun pemerintah serta berbagai lembaga Pendidikan mulai dari jenjang tingkat dasar sampai dengan perguruan tinggi. Investasi pada bidang Teknologi Informasi yang cukup besar tersebut tentu saja harus memiliki timbal balik yang positif dari sisi peningkatan efisiensi, efektifitas dan kinerja organisasi. Apalagi di Era Informasi ditambah lagi dengan pandemi Covid 19 maka tingkat ketergantungan berbagai organisasi terhadap Teknologi Informasi semakin besar dan kompleks, imbasnya adalah tanggung jawab serta pengelolaannya tidak dapat lagi sepenuhnya dibebankan kepada bagian/divisi TI, sehingga pengelolaan TI juga harus menjadi tanggung jawab berbagai pihak manajemen dalam sebuah organisasi. IT Governance (Tata Kelola Teknologi Informasi) merupakan suatu komitmen, kesadaran dan proses pengendalian manajemen organisasi terhadap sumber daya Teknologi Informasi dan faktor- faktor lainnya yang berhubungan dengan TI. Saat ini dunia Pendidikan dalam kegiatan operasional pembelajarannya sangat bergantung pada penerapan metode Elearning sebagai bagian dari sebuah metode baru yang membutuhkan Tata Kelola TI yang berkualitas tinggi agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuannya. Untuk itulah proposal penelitian ini mencoba mengukur apakah Tata Kelola TI dalam Elearning yang diselenggarakan di Universitas XYZ sudah berjalan dengan baik sesuai standar yang diatur dalam INDEKS KAMI atau apa saja kekurangan yang perlu diperbaiki.