ANALISA IMPLEMENTASI ELEARNING UNIVERSITAS XYZ BERDASARKAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN COBIT 2019

Authors

  • Ari Hidayatullah a:1:{s:5:"id_ID";s:26:"Universitas Dian Nusantara";}
  • Ekky Bayu Pramana Universitas Dian Nusantara

Keywords:

tata kelola, elearning, teknologi informasi

Abstract

Elearning atau pembelajaran daring di era Pandemi Covid 19 bukan lagi sekedar pilihan atau alternatif proses pembelajaran namun sudah menjadi sebuah metode pembelajaran yang wajib dijalankan. Elearning adalah salah satu media yang digunakan untuk proses belajar-mengajar di sebuah lembaga pendidikan yang dapat mengakomodasi kebutuhan pembelajaran sebagai pengganti pertemuan  tatap  muka dalam pembelajaran. Elearning kampus yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan di sebuah perguruan tinggi dan juga web learning yang saat ini banyak tersedia gratis di internet dapat digunakan untuk melakukan proses  belajar-mengajar  berbasis  TIK.    Namun tentu saja elearning dan web learning harus dikelola dan terukur agar mutu dari pembelajaran tetap sesuai standar dari masing-masing perguruan tinggi.    IT Governance atau yang kita sebut tata kelola teknologi informasi adalah sebuah mekanisme kontrol untuk pengendalian dan evaluasi terhadap tatakelola pada teknologi informasi. Pengukuran tatakelola teknologi informasi khususnya pada implementasi elearning harus dilakukan. Pada penelitian ini akan dilakukan analisa elearning kampus berdasarkan standar Tata Kelola Teknologi Informasi. Hasil pengukuran terhadap tata kelola Elearning tersebut akan dapat dilihat apakah tata Kelola elearning sudah sesuai standart atau belum sesuai standart Tata Kelola Teknologi Informasi, sehingga dapat dijadikan sebuah rekomendasi perbaikan tatakelola implementasi elearning di kemudian hari.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Hidayatullah, A., & Pramana, E. B. (2023). ANALISA IMPLEMENTASI ELEARNING UNIVERSITAS XYZ BERDASARKAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN COBIT 2019. Jurnal Tera, 3(1), 11–18. Retrieved from http://jurnal.undira.ac.id/jurnaltera/article/view/161