ANALISIS PENGARUH SPASI PADA PERCEPATAN KONSOLIDASI DENGAN MANGGUNAKAN METODE PREFABRICATED VERTICAL DRAIN PADA PERBAIKAN TANAH (Studi Kasus : Jalan Tol Terbanggi Besar – Kayu Agung, Palembang )

Authors

  • Era Agita kabdiyono kabdiyono a:1:{s:5:"id_ID";s:26:"Universitas Dian Nusantara";}
  • Rifaldi Adi Saputra Universitas Dian Nusantara

Keywords:

Metode Vertical Drain, Spasi Optimum , Konsolidasi, Tanah Lunak

Abstract

Wilayah Kayu Agung, palembang merupakan wilayah dengan kondisi tanah rawa, dimana karakteristik tanahnya adalah tanah lunak, untuk itu dalam proses pembuatan jala tol di area tersebut diperlukan proses pengerasan paksa atau proses konsolidasi tanah. Proses pengerasan paksa atau proses konsolidasi tanah adalah alternatif yang digunakan untuk percepatan dalam pengerjaan jalan tol Kayu Agung Palembang Betung (Kapal Betung).  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis waktu terhadap besarnya penurunan konsolidasi pada beberapa variasi spasi vertical drain hingga  didapatkan spasi  yang optimum. Hasil yang diharapkan akan dalam proposal penelitian ini adalah peneliti dapat mengetahui spasi optimum yang dicapai pada penggunaan metode vertical drain.  Penurunan alamiah yang terjadi dengan derajat konsolidasi 100% adalah 0,426 m Sedangkan untuk derajat konsolidasi 90%, besar penurunannya adalah 0,383 m. Lamanya waktu konsolidasi pada kondisi alamiah diperoleh selama t = 255160143.7 detik atau t = 8.091075078 tahun  9 tahun. Setelah menggunakan PVD, Jarak atau Spasi PVD dengan Waktu Penurunan dapat diketahui bahwa nilai penurunan akan lebih cepat jika jarak atau spasi pemasangan PVD semakin rapat. Pada penelitian ini diperoleh jarak spasi yang optimum adalah 0,75 m dengan waktu konsolidasi 90% diperoleh selama 0.221 bulan. Proses percobaan jarak spasi pemasangan PVD dicoba mulai dari 0,75 m sampai dengan 2,0 m.

Published

2021-05-20

How to Cite

kabdiyono, E. A. kabdiyono, & Saputra, R. A. . (2021). ANALISIS PENGARUH SPASI PADA PERCEPATAN KONSOLIDASI DENGAN MANGGUNAKAN METODE PREFABRICATED VERTICAL DRAIN PADA PERBAIKAN TANAH (Studi Kasus : Jalan Tol Terbanggi Besar – Kayu Agung, Palembang ). Jurnal Tera, 1(1), 28–38. Retrieved from https://jurnal.undira.ac.id/jurnaltera/article/view/18