INOVASI PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN MELALUI SMART TAX PADA BADAN PENDAPATAN DAERAH KOTA PEKANBARU

Authors

  • Ikhwani Ratna UIN Suska Riau
  • Wavi Yatul Ahdi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.59832/jpmk.v4i2.258

Keywords:

Inovasi, Smart tax, Pelayanan Publik, Pajak Bumi dan Bangunan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya suatu pembaharuan yang berbasis teknologi gital dalam melakukan transaksi pembayaran pajak bumi dan bangunan yang dikelola oleh Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru.  Inovasi ini mulai ada semenjak pandemi covid-19 agar wajib pajak tetap membayar pajak tanpa harus berkerumun. Inovasi ini dinamakan aplikasi Smart tax yang bertujuan untuk memudahkan wajib pajak dalam membayar pajak dan meningkatkan kualitas pelayanan di Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan informan, sedangkan data sekunder diperoleh dari artikel, buku, jurnal, studi kepustakaan dan literature terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Smart tax  ini memiliki beberapa menu dimulai dengan cara menggunakan aplikasi seperti pendaftaran pbb, cek penagihan pbb, cetak SPPT , lapor pajak (SPTPD). Smart ini memiliki menu pembayaran bank dan pembayaran non bank dan juga Smart tax menyediakan panduan cara melakukan pembayaran pajak. Dan Smart tax ini memiliki fitur penilaian terhadap kepuasan pengguna Smart tax. Namun aplikasi Smart tax ini belum banyak masyarakat Kota Pekanbaru yang mengetahuinya karena kurangnya sosialiasasi yang dilakukan oleh Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru.

References

Abdurrahman, A. Y., & Hadi, A. (2023). One Man One Sppt Sebagai Inovasi Untuk Meningkatkan Kesadaran Wajib Pajak Dalam Pembayaran Pbb Di Kota Ternate. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(2), 1270-1276.

Alfian, Hardani, R & Syahrani. 2023. Inovasi Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan (PBB-P2) Melalui Channel Pembayaran Pajak Elektronik ( Cantik) Pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tabalong. Jurnal stiatabalong. 6(1). 485-499.

Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru. (2021). Laporan Implementasi Aplikasi Smart Tax. Pekanbaru: Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru.

Dasnoer, H., Frinaldi, A., & Asnil, A. (2023). Inovasi Pelayanan Pajak Daerah Melalui Smart tax Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Padang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(23), 298-302.Birokrasi & Pemerintahan Daerah Volume, 4(1).

Juliasih, L., Hermawan, Y., & Gunawan, A. (2022). Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Bumi Dan Bangunan Di Kabupaten Garut. Jurnal Birokrasi & Pemerintahan Daerah Volume, 4(1).

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (2021). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 7 Tahun 2021 tentang Manajemen Inovasi Pelayanan Publik.

Muhamad, M. S., Asnawi, M., & Pangayow, B. J. (2019). Pengaruh sosialisasi perpajakan, tarif pajak, sanksi perpajakan, dan kesadaran perpajakan terhadap kepatuhan pelaporan SPT tahunan wajib pajak orang pribadi. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Daerah, 14(1), 69-86.

Safarudin, R., Zulfamanna, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian kualitatif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9680-9694.

Smith, J. (2018). The impact of information technology on public service delivery. Journal of Public Administration Research and Theory, 28(2), 300-320.

Syahdilla, N. R., & Zulkarnaini, Z. (2022). Inovasi Pelayanan Pajak Melalui Smart tax Di Bapenda Kota Pekanbaru. Cross-border, 5(2), 1461-146

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Ikhwani Ratna, & Ahdi, W. Y. (2024). INOVASI PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN MELALUI SMART TAX PADA BADAN PENDAPATAN DAERAH KOTA PEKANBARU. Jurnal Perspektif Manajerial Dan Kewirausahaan (JPMK), 4(2), 128–137. https://doi.org/10.59832/jpmk.v4i2.258