PERANAN EMPLOYER BRANDING DAN MOTIVASI KERJA UNTUK MENCIPTAKAN EMPLOYEE ENGAGEMENT DI UNIVERSITAS XYZ

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Windayanti Windayanti
Wenny Desty Febrian Febrian

Abstrak

Peran strategis sumber daya manusia dapat memberikan organisasi kekuatan dalam mewujudkan tujuan bisnisnya. Salah satu dari kekuatan organisasi dari sisi manajemen sumber daya manusia adalah keterikatan karyawan terhadap organisasi (employee engagement). Gallup Organisasi mengibaratkan employee engagement sebagai ikatan emosional positif yang dimiliki karyawan dan komitmen yang dimiliki karyawan (Gallup, 2013). Perusahaan harus memiliki strategi yang baik agar karyawan memiliki komitmen yang baik dengan perusahaan maka intention to leave  akan berkurang. Employer Branding merupakan strategi atau perusahaan menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan, perilaku yang positif dan kompetitif, kerjasama tim yang baik, sistem reward yang baik, tata kelola organisasi yang baik, serta budaya belajar dan pelatihan yang memadai, dengan hal tersebut karyawan akan bangga dalam bekerja karena diperhatikan perusahaan oleh karena itu karyawan akan meningkatkan kinerja menjadi lebih baik serta nyaman dalam bekerja sehingga mengurangi intensitas karyawan untuk meninggalkan perusahaan dengan sukarela. Universitas xyz dengan perubahan manajemen dan kepemilikan yang baru memiliki strategi manajemen yang dapat mewujudkan keterikatan karyawan terhadap organisasi. Organisasi akan banyak mendapatkan kekuatan sumber daya manusia selaras dengan strategi yang dijalankan oleh organisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi. Keabsahan data dan kredibilitas data diuji dengan menggunakan teknik triangulasi. Subjek penelitian ini adalah lima orang karyawan dari level pimpinan dan staff non akademis. Hasil dari penelitian ini adalah universitas xyz mengimplementasikan employer branding dengan pemberian motivasi untuk meningkatkan engagement karyawan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Cara Mengutip
Windayanti, W., & Febrian, W. D. F. (2022). PERANAN EMPLOYER BRANDING DAN MOTIVASI KERJA UNTUK MENCIPTAKAN EMPLOYEE ENGAGEMENT DI UNIVERSITAS XYZ. Jurnal Perspektif Manajerial Dan Kewirausahaan (JPMK), 2(2), 1–8. Diambil dari http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/153