ANALISIS EFEKTIFITAS SISTEM PEMUNGUTAN RETRIBUSI PASAR DI PASAR RUMBIO KABUPATEN KAMPAR

Authors

  • Ikhwani Ratna UIN Suska Riau
  • Hamidah Silvi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.59832/jpmk.v3i2.209

Keywords:

Analisis, Pemungutan Retribusi Pasar, Efektivitas

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Kabupaten Kampar membuat peraturan daerah untuk mewujudkan konsep pelayanan retribusi berjalan dengan baik. Salah satu urusan yang diserahkan pada daerah Kabupaten atau Kota adalah penyediaan sarana dan prasana umum seperti pasar. Pasar dianggap penting selain untuk mempermudah masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan rumah tangga, juga merupakan sarana untuk memberi peluang bagi masyarakat untuk berusaha baik yang bersifat formal maupun informal. Guna menjaga kenyamanan dan ketertiban umum kebijakankebijakan yang berlangsung dipasar tersebut, maka setiap daerah, Kabupaten atau Kota membentuk suatu badan atau instansi maka pengurus kegiatan kegiatan dipasar tersebut melalui badan resmi seperti dinas pasar. Sistem pemungutan retribusi pada pasar Rumbio ini melalui perangkat Desa memberikan kepada Kepala Desa, Kepala Desa memberikan ke UPTD pasar dari UPTD memberikan kepada dinas pasar Kabupaten Kampar pemungutan tidak langsung oleh pengelola pasar sehingga penyampaian permasalahan yang dirasakan para pedagang tidak dapat disampaikan langsung kepada dinas pasar Kabupaten Kampar. Dari hasil penelitian dapar disimpulkan bahwa Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2012 yang Mengenai Tetang Retribusi Jasa Umum dikategorikan belum maksimal. Hal ini terlihat dalam perencanaan pemungutan retribusi belum mendapat penilaian yang bagus dari masyarakat. Ditemukan faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pemungutan, yaitu Rendahnya pengawasan yang dilakukan petugas pemungutan tarif retribusi dalam menjalankan tugasnya. pengawasan yang dilakukan oleh petugas pemungutan retribusi terhadap para masyarakat belum begitu maksimal.

References

Arisandi, Y. T. (2018). Efektivitas penerapan e-commerce dalam perkembangan usaha kecil menengah di sentra industri sandal dan sepatu Wedoro Kabupaten Sidoarjo (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Badrudin, R. (2012). Ekonomika otonomi daerah. UPP STIM YKPN.

Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Halim, A. (2004). Manajemen Keuangan Daerah. UPP-AMP YKPN, Yogyakarta

Iga Rosalina, “Efektivitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri

Kaho, Josef Riwu. (2005). Prospek Otonomi Daerah di Negara Republik

Indonesia. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Karangrejo Kabupaten Madetaan”. Jurnal Efektivitas Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 01 No 01 (Februari 2012), h. 3

Mamesah, DJ. (1995.) Sistem administrasi keuangan daerah. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rahman, A. (2015). Efektivitas penerapan Sistem Informasi Akademik (SIA) dalam meningkatkan Pelayanan pada Mahasiswa FKIP Universitas Mulawarman. Ejournal Ilmu Pemerintahan, 1(2), 837-849.

Rosramadhana dan Bungaran Antonius Simanjuntak. (2018). Strategi dan Problem Soial Politik Pemerintahan Otonomi Daerah Indonesia, Cet-1, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta Perkotaan Pada Kelompok Pinjaman Bergulir Di Desa Mantren Kec

Halim, Abdul. (2002). Akuntansi Sector Public: Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Selemba Empat

Halim, Abdul. (2004). Manajemen Keuangan Daerah. Edisi Revisi. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Usman, Husaini, dkk. (2006). Pengantar Statistik Edisi Kedua. Yogyakarta: Bumi Aksara

Undang-Undang Nomor 17. 2003. Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah

Undang-Undang Nomor 32. 2004. Tentang Pemerintahan Daerah

Undang-undang Nomor 28. 2009. Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008

Peraturan Daerah Kabupaten Kampar Nomor 7 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum

Peraturan Daerah Kabupaten Kampar Nomor 7 Tahun 2006 Tentang Retribusi Pasar

Alqur’an dan Terjemahannya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Published

2023-05-31

How to Cite

Ikhwani Ratna, & Silvi, H. (2023). ANALISIS EFEKTIFITAS SISTEM PEMUNGUTAN RETRIBUSI PASAR DI PASAR RUMBIO KABUPATEN KAMPAR. Jurnal Perspektif Manajerial Dan Kewirausahaan (JPMK), 3(2), 130–135. https://doi.org/10.59832/jpmk.v3i2.209