KINERJA BALAI BESAR PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN(BBPOM) DI PEKANBARU DALAM PENGAWASAN OBAT ILEGAL DI APOTEK KOTAPEKANBARU

Authors

  • Ikhwani Ratna UIN Suska Riau
  • Mutia Fransiska Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

Kinerja, Balai Besar POM, Pengawasan Obat Ilegal

Abstract

Hasil penelitian ini dapat dipahami, kinerja Balai Besar POM Pekanbaru dalam pengawasan obat ilegal di Apotek Pekanbaru sudah baik, namun belum maksimal dilihat dari indikator yang ada yakni produktivitas, kualitas layanan, responsibilitas, akuntabilitas. Adapun faktor. Adapun faktor pendukung adalah adanya program-program yang melibatkan kerjasama dengan masyarakat. Kemudian   faktor   penghambatnya   yaitu keterbatasan staf Badan Pengawas Obat dan Makanan baik yang berada di pusat maupun di provinsi, pengawasan Badan Pengawas Obat dan Makanan yang dilakukan secara berkala dan acak sehingga sering disalahgunakan oleh pengusaha untuk mengambil kesempatan dalam kesempitan untuk memasukkan produk ke Indonesia pada periode saat tidak dilakukan pengawasan, kurang ketatnya sistem pengawasan, kurang dipatuhinya persyaratan- per-syaratan peredaran obat, masih rendahnya kesadaran hukum konsumen untuk melakukan pengaduan atau laporan kepada pemerintah ataupun lembaga perlindungan konsumen.

References

Cahyaningtiyas, N. (2022). Analisis Yuridis Terhadap Pengawasan Sediaan Obat yang tidak Memiliki Izin Edar pada Saat Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Kolaburatif Sains, 5(8).

Erawan, P. A. (2018). Peranan Value For Money untuk Mengukur Kinerja Pemerintahan Kabupaten Buleleng. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 8(3).

Harahap, S. S. (2015). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Edisi 1-10.

Jakarta: Rajawali Pers.

Launde, A. P. (2020). Tugas dan Fungsi Badan Pengawasan Obat dan Makanan Dalam Melindungi Kesehatan Masyarakat di Kota Manado (Studi Kasus Tentang Penggunaan Bahan Makanan Berbahaya di Kota Manado). Eksekutif, 4(4).

Lexy, M. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Masitta, R. (2014). Peranan Penyidik Pegawai Negeri sipil Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Dalam Memberantas Tindak Pidana Peredaran Obat Tradisional Ilegal Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa, 1(1).

Qonaah, siti qonaah. (2020). Strategi BPOM dalam upaya mengatasi Pemberantasan dan Penyalahgunaan obat Ilegal melalui Gerakan “Waspada Obat Ilegal.” Jurnal Komunikasi, 11(1).

Sulfiani, A. N. (2019). Efektifitas Pengawas Dinas Kesehatan Dalam Peredaran Obat dan Makanan Di Kabupaten Bone. Juornal I La Galigo, Publik Administration Journal, 2(2).

Utami, A. (2022). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Atas Penjualan Obat-Obatan Ilegal Secara Online. Jurnal Hukum Tata Negara, 1(2).

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Ikhwani Ratna, & Fransiska, M. (2023). KINERJA BALAI BESAR PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN(BBPOM) DI PEKANBARU DALAM PENGAWASAN OBAT ILEGAL DI APOTEK KOTAPEKANBARU. Jurnal Perspektif Manajerial Dan Kewirausahaan (JPMK), 4(1), 25–33. Retrieved from http://jurnal.undira.ac.id/jpmk/article/view/235