THE ROLE OF TRUST IN MEDIATING PERCEIVED EASE OF USE, PERCEIVED RISK AND E-WOM ON PURCHASE INTENTION

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nuri Aslami
Ari Apriani
Cristina Catur Widayati
Rizky Vita Losi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dari persepsi kemudahan penggunaan, risiko yang dirasakan dan E-WOM terhadap kepercayaan dan niat beli, serta untuk mengetahui pengaruh tidak langsung dari persepsi kemudahan penggunaan, risiko yang dirasakan dan E-WOM terhadap niat beli yaitu dimediasi oleh kepercayaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna shopee di Jakarta Barat dengan sampel sebanyak 260 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan analisis SEM berbantuan alat SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan, persepsi risiko tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan, E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan, persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan. niat beli, persepsi risiko tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli, E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, dengan demikian kepercayaan tidak dapat memediasi pengaruh persepsi kemudahan penggunaan. pada niat beli, kepercayaan tidak dapat memediasi pengaruh risiko yang dirasakan terhadap niat pembelian, dan kepercayaan dapat memediasi pengaruh E-WOM terhadap niat beli.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Cara Mengutip
Aslami, N., Apriani, A., Widayati, C. C., & Losi, R. V. (2022). THE ROLE OF TRUST IN MEDIATING PERCEIVED EASE OF USE, PERCEIVED RISK AND E-WOM ON PURCHASE INTENTION. Jurnal Perspektif Manajerial Dan Kewirausahaan (JPMK), 2(2), 69–81. Diambil dari http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/189