MANAJEMEN SDM INTERNASIONAL: MENGELOLA KEKUATAN TENAGA KERJA GLOBAL DENGAN KNOWLEDGE MANAGEMENT
DOI:
https://doi.org/10.59832/jpmk.v4i2.253Keywords:
IHRM, Knowledge Management, Pasar GlobalAbstract
Manajemen sumber daya manusia (SDM) internasional telah menjadi fokus penting bagi perusahaan global dalam mengelola kekuatan kerja mereka yang tersebar di berbagai negara. Dalam menghadapi tantangan budaya, bahasa, dan regulasi yang unik, perusahaan perlu mengembangkan strategi yang efektif untuk memastikan bahwa karyawan di seluruh dunia dapat beroperasi secara harmonis dan berkontribusi maksimal terhadap tujuan organisasi. Salah satu pendekatan yang semakin ditekankan dalam manajemen SDM internasional adalah pengintegrasian Manajemen Pengetahuan atau Knowledge Management, yang memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan, menyimpan, membagikan, dan menggunakan pengetahuan secara efektif di seluruh organisasi. Penelitian ini mengulas tantangan dalam manajemen SDM internasional, peran Knowledge Management dalam mendukung manajemen SDM global, dan integrasi antara keduanya. Integrasi ini membawa sejumlah manfaat, termasuk peningkatan produktivitas, pengambilan keputusan yang lebih baik, dan keterlibatan karyawan yang lebih besar. Dengan pendekatan holistik ini, perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang inklusif, kolaboratif, dan inovatif di tengah pasar global yang semakin kompleks dan dinamis.
References
Barsah, A. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia Internasional. (A. Pratama, Ed.) Bandung: Widina Media Utama.
Chawla, D., & Joshi, H. (2010). Knowledge management initiatives in Indian public and private sector organizations. Journal of Knowledge Management, 14(6), 811–827. https://doi.org/10.1108/13673271011084871
Chen, C.-J., & Huang, J.-W. (2009). Strategic human resource practices and innovation performance — The mediating role of knowledge management capacity. Journal of Business Research, 62(1), 104–114. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2007.11.016
Efendi, A., & Perkasa, D. H. (2024). International HR Management: Pengembangan Kompetensi Lintas Budaya Dalam Keberhasilan Manajemen SDM Global. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntans, 2(4), 430-434.
Hasibuan, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Jimenez‐Jimenez, D., & Sanz‐Valle, R. (2012). Studying the effect of HRM practices on the knowledge management process. Personnel Review, 42(1), 28–49. https://doi.org/10.1108/00483481311285219
Karl, A. K. (2003). Human Resource Management in The Knowledge Economy. Academy of Management Executive, 17(2), 137-139.
Lei, H., Do, N. K., & Le, P. B. (2019). Arousing a positive climate for knowledge sharing through moral lens: the mediating roles of knowledge-centered and collaborative culture. Journal of Knowledge Management, 23(8), 1586–1604. https://doi.org/10.1108/JKM-04-2019-0201
Manasco, B. (1996). Leading Firms Develop Knowledge Strategies. Knowledge Inc, 1(6), 26-29.
Raich, M. (2002). HRM in The Knowledge-Based Economy: Is There an Afterlife? Journal of European Industrial Training, 6(7), 269.
Schlegelmilch, B. B., & Penz, E. (2002). Knowledge Management in Marketing. The Marketing Review, 3(1), 5–19. https://doi.org/10.1362/146934702321477208
Sun, B., Fu, L., Yan, C., Wang, Y., & Fan, L. (2022). Quality of work life and work engagement among nurses with standardised training: The mediating role of burnout and career identity. Nurse Education in Practice, 58, 103276. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2021.103276
Terry, G. R., & Rue, L. W. (2005). Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Tjakraatmadja, J. H., & Kristinawati, D. (2017). Strategi Implementasi Knowledge Management. Bandung: Penerbit ITB.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aldi Wahyu Pradana, Didin Hikmah Perkasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.